December 08, 2008

Oh ide, mengalirlah! Mengalir!

Punya blog dan hobi nulis?
Pernah punya pengalaman pingin nulis tapi gak ada ide?
Atau pernah punya pengalaman pingin nulis, gak ada ide, udah subuh, belum ngantuk, dan mendadak kelaparan pula? *loh kok jadi curcol*
Jangan khawatir! Bukan berarti gue mau kasih solusi sih, tapi jangan khawatir karna lo gak sendirian. Haha.
GILA GW KEABISAN IDE!

But I desperately want to write. *tsahh lebay mode on ni subuh-subuh*

dan atas saran dari seseorang, kenapa gak gw nulis aja alasan susahnya cari ide nulis. Hahah. Boleh juga sih idenya. Kok gw gak kepikiran ya? *Kalo daritadi kepikiran berarti namanya gak keabisan ide donk. Pletak!*

So now, here we go:

10 Alasan Kenapa Susah Cari Ide Buat Nulis
dengan beberapa solusi yang layak coba walau belum tentu ampuh

10. Kelaparan.
Nah, bisa jadi ide lo garing seiring dengan perut lo yang juga mengering. Siapa tau mereka sang cacing-cacing perut sering merobek-robek ide-ide lo yang penting. Jangan khawatiring, ada solusing. Ting!
solusi: Laper? Ya makan lah. Gak ada makanan? Be creative! Ada orang yang bilang, melahap buku itu penting. Iya sih, emang bukan secara harafiah. Tapi mumpung lo lagi laper, kenapa gak lo coba aja melahap buku beneran? Dimulai dari buku-buku yang makan tempat macam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sampai buku-buku yang nyokap lo suruh singkirin jauh-jauh sejak 2 tahun yang lalu karna menuh-menuhin tempat, seperti komik *curcol lagi haha*. Perut kenyang, kamar lapang, dan bonusnya lagi, ide bisa cepet datang. KBBI gitu loh. Kurang perbendaharaan kata apa lagi coba. Hehe.

9. Belum mandi *sumpah, ini bukan curcol. gue uda mandi kok, sodara-sodara*
Belum mandi juga bisa jadi halangan lo untuk nemuin ide nulis. Badan gak fresh plus masih bau kambing jelas bukan faktor pendukung pencari ide buat nulis. Kalo buat gue, belum mandi bikin ide kering karena: belum mandi = disuruh-suruh nyokap mandi = tambah males mandi = nyokap marah = gue bete = tambah gak ada ide buat nulis.
solusi: mandilah. kalo perlu mandi kembang. Kalo memungkinkan, angkut serta peralatan tulis menulis lo ke kamar mandi. Kalo lo biasa nulis di blog pake desktop, ya gotong aja ke kamar mandi sekalian!

8. Gak ada hal yang menarik.
Mungkin lo emang merasa gak ada hal atau kejadian apapun yang layak dipublikasikan. Mungkin hari ini terlalu biasa buat lo. Atau mungkin lo yang terlalu biasa buat hari ini.
solusi: lo gak merasa ada hal menarik? kalo begitu ciptakan hal menarik. Duduk selonjoran di tengah jalan tol, misalnya. Selain bisa jadi bahan menarik untuk ditulis, bakal ada sensasi deg-degan yang seru-seru gimana gitu *Gile aja selonjoran di jalan tol kalo gak pake deg-degan*. Selain itu hasil tulisan bisa variatif. Mulai dari pengalaman disangka orang gila dalam sehari *walaupun kalo lo ngelakuin saran gue ini, tingkat kewarasan lo emang perlu diragukan lagi* sampai sumpah-serapah ala supir yang sedang trend saat ini.

7. Kebanyakkan ide.
Mungkin juga kasusnya adalah lo kebanyakkan ide dan susah milihnya, akhirnya lo bingung mau nulis apa. Emang sih lo udah dapet ide-idenya. Tapi tetep aja khan lo susah cari ide yang pas.
solusi: bikin list ide lo dalam kertas dengan rapi. setelah itu.. Lo tau khan permainan cap cip cup belalang kuncup? Bisa dipake buat milih ide. Atau dikocok aja lah kayak ibu-ibu arisan. Yang keluar berarti ide itu yang dipake. Biar seru pake kolekan aja sekalian. Tiap ide 5 ribu rupiah juga lumayan. Nanti yang menang traktir ya! *kok jadi arisan beneran?*

6. Gak enak badan.
Kondisi badan yang lagi gak fit bisa menghalangi lo memperoleh ide nulis. Gak ada penjelasan lebih lanjut tentang ini, mari langsung ke bagian solusi.
solusi: badan gak fit? minum obat. Tapi obat yang bener ya. Kalau pusing ya obat sakit kepala, jangan obat sakit perut. Sebaiknya sih istirahat dan lupakanlah masalah tulis menulis. Tapi misalnya lo dikejar deadline, harus nulis blog dalam waktu 5 jam atau lo bakal dieksekusi dikelitikin sampai mati *agak berlebihan sepertinya*, lo pilih posisi seenak mungkin buat nulis. Entah itu selonjoran, duduk di kursi, tengkurep, atau berdiri dengan tangan. Pokoknya senyaman-nyamannya lah.

5. Ngantuk.
Ngantuk juga bisa jadi penghalang lo untuk cari ide nulis. Rasa kantuk bisa muncul kapan saja dan biasa muncul di malam hari *ini penting gak sih buat dijelasin?*
solusi: ngantuk ya tidur donk. gitu aja kok repot.

4. Underpressure.
Underpressure ini bukan nama makanan yang dari es serut *itu mah es puter ya*. Underpressure berarti lo berada di bawah tekanan. Biasanya semakin lo dipaksa buat nulis, ide-ide akan semakin kering. Atau di saat masalah melanda, biasanya mood menulis hilang begitu saja.
solusi: tulis aja pengalaman lo berada di bawah tekanan atau masalah yang lagi melanda lo. Jangan takut jadi curcol alias curhat colongan. Curcol adalah esensi menulis. Curcol merupakan topik yang tiada akan pernah habis dibahas. Hidup curcol! Bonusnya adalah siapa tahu ada psikolog yang baca dan lo pun bisa jadi objek prakteknya.

3. Sakit hati sampai ingin mati bunuh diri.
Oh my God, itukah asalan lo sampe gak nemu ide buat nulis?
solusi: jangan berlama-lama baca posting ini. Temui psikolog terdekat. Dan jauhi baygon.

2. Merasa gak bisa nulis.
Kadangkala kita dilanda krisis percaya diri dan ngerasa gak bisa nulis. Sebenernya gak ada alasan untuk ngerasa begitu, kecuali lo emang belom pernah belajar nulis sejak SD.
solusi: tingkatkan kepercayaan diri! Semua orang bisa nulis kok. Yakinlah kalo hasil tulisan lo pasti terbaik, at least kedua terbaik setelah tulisan di catatansisekar.blogspot.com *narsis mode: on*. Kalo masalahnya karena emang belum pernah belajar nulis, belajar lah. Tak ada kata terlambat untuk belajar. Lagian yang gue heran, lo gak bisa nulis tapi kok bisa baca posting ini? Aneh..

1. Gak ada ide.
Mungkin juga alasan lo gak ada ide adalah karena emang gak ada ide aja. *kok kalimatnya membingungkan ya?*
solusi: kembali ke hitung mundur nomor 10. Baca perlahan-perlahan dan bayangkan diri lo masuk kategori mana. Masih bingung? Pegangan. *ih joke basi ih*

Baca dan lakukan solusi-solusinya. Niscaya idemu akan mengalir deras seperti samudera. *maksa supaya berima padahal isinya ngawur. Sejak kapan samudera ngalir?*

I'm leaving now. Hasta la vista!

No comments:

Post a Comment

Have any comment? Come on, I know you do! ;)