November 13, 2009

Kisah si YM butut (atau komputer butut? Atau virus butut? Atau sop butut? hmmm *pletak)

Belakangan ini gue suka kesel sendiri sama Yahoo!Messenger alias YM. Spesifiknya, YM-komputer-rumah-gue. Spesifiknya lagi, YM-komputer-rumah-gue-yang-ada-jaringan-internetnya. Spesifiknya lagi, YM-komputer-rumah-gue-yang-ada-jaringan-internetnya-yang-kadang-suka-lelet-sendiri. Spesifiknya lagi, YM-komputer-rumah-gue-yang-ada-jaringan-internetnya-yang-kadang-suka-lelet-sendiri-jadi-kapan-ya-bokap-nyokap-beliin-modem-buat-laptop? *loh kok jadi ke situ ya?* Ya intinya gue lagi kesel, mangkel, pegel, wesel, parsel, whatever you name it, sama YM gue. Jadi ceritanya si YM suka iseng ngirim-ngirim instant message sendiri ke daftar kontak gue, alias daftar temen-temen gue di YM, pake bahasa gak jelas plus link gak jelas pula. Yang lebih gak jelas lagi, di saat gue lagi online di YM dan chatting sama temen gue, bisa-bisanya tu instant message muncul sendiri. Annoying! Kalo udah begitu, gue cuma bisa melongo dan sedetik kemudian nulis pesen ke temen-temen gue: "waduh, maap ya. tadi itu bukan gue tapi virus laknat". Temen-temen gue yang pengertian bakal jawab oke, dan temen-temen gue yang kurang ajar bakal menertawakan penderitaan gue. Nasib.

Oke, gue akuin gue gak jago masalah gini-gini. Oke lah kalo urusan ngutak-ngatik facebook, twitter, blog, gue bisa. Tapi kalo urusan per-spam-an dan dunia per-virus-an gue cukup blank. Tapi bersyukur ada Om Gugel, paling tidak gue nemu sedikit pencerahan ada apa dibalik penyakit YM gue.

So, basically YM gue bermasalah karena komputer gue bermasalah. Komputer gue bermasalah karena komputer gue bervirus. Dan tentu saja komputer gue bervirus karena antivirusnya basi. Antivirusnya basi karena jarang diupdate. Dan jarang diupdate karena sang empunya (baca: gue dan adek gue) cuek urusan begini. Cuek atau agak ngeblank ya?

Yah apapun itu, akhirnya berakibat YM gue jadi mendadak ajaib gini. Suka ngirim-ngirim pesan berbahasa aneh. Entah bahasa planet bumi belahan mana. Belahan jiwa, mungkin. Dan si virus gak sopan ini bener-bener gak menghargai disiplin ilmu gue. Minimal pake Bahasa Inggris kek biar gak nyusahin. Bolak-balik gue ganti password, gak ngefek juga. Lagian gue tahu sih, sepertinya ni komputer emang harus dipermak. Ganti password doank gak mempan. Ganti komputer mungkin mempan (ngarep).

Jadi, buat teman-teman yang ada di list gue dan suka dapet pesan-pesan dalam bahasa gak jelas (kecuali lo mahir berbahasa gak jelas) plus link gak jelas, jangan sekali-sekali dihiraukan. dua kali-dua kali dihiraukan pun jangan. Apalagi tiga kali-tiga kali. Dan buat yang bisa bantu permasalahan ini, diharapkan dengan sangat komennya. Jangan hanya berupa ucapan dan karangan bunga saja. Mohon doa restu.

Salam.

2 comments:

  1. Gw ga pernah kena si kar.. Coba linknya kirim ke ym gw, tak google e.... Btw antivirus yg bagus tapi gratis search di google ketik avira, buatan UK ampuh tanpa basa basi titik.

    ReplyDelete
  2. tak perlu gw kirim juga nanti lo pasti kena suatu saat. heheheheu.
    avira ya? hmmm. jujur gw belum pernah sih download antivirus sendiri. hahahaha *gaptek dah gw urusan ginian*
    tinggal download kan ya? atau perlu prosedur tralala trilili yg lain?

    ReplyDelete

Have any comment? Come on, I know you do! ;)