January 10, 2010

Cara *yang diharapkan* ampuh untuk mengatasi kecanduan Facebook. *lebay*

HALO! Haha. Akhirnya gue kembali nulis di blog gue, alias si All You Can Read. (buat para pecandu Facebook yang baca ini lewat notes, kunjungi blog gue!)
Jadi gue udah lama meninggalkan blog gue. Kasihan dia, tak terurus, kelaparan, jadi imbisil, jadi alay... tapi bukan itu intinya! Gue sempet baca-baca posting lama gue dan menemukan posting tentang ciri-ciri pecandu Facebook. Rasanya kurang bertanggung jawab ya kalo gue cuma memberi diagnosa tanpa memberi obat (Azek. Oke, sepertinya gue salah jurusan. Harusnya gue masuk kedokteran *pletaaaaaak!*). Jadi ada baiknya gue memberikan cara (yang diharapkan) ampuh melawan derita (kalo lo menderita sih, ya) kecanduan Facebook.

Here we go!

1. Jadilah pelajar, mahasiswa, maupun karyawan teladan dan berprestasi.
Baiklah. Agak aneh ya? Apa hubungannya cobaaaa??? Oh, tenang saja. Ini sangat berhubungan kok (mulai gila, nanya sendiri jawab sendiri). Kalo lo menjadi teladan yang berprestasi, pasti lo orangnya rajin dan giat. Rajin belajar, giat ikut kegiatan-kegiatan, gak pernah cabut kuliah, giat bekerja, dan lain sebagainya. Facebook? Mana ada waktu! Akhirnya berkat menjadi orang teladan yang berprestasi, lo pun bisa keluar dari kecanduan Facebook (gak kebalik nih logikanya? Ah bodo ah hahaha)

2. Cari candu yang lain.
Ini jelas banget kali ya. Ibarat putus pacar, cobalah cari pacar baru *halaaaah curcol hahaha*. Nah, coba cari candu yang lain, kesenangan yang lain. Misalnya, twitter. Eh jangan salah, twitter bisa nyandu loh. Coba deh bikin accountnya, dan mulai lah ber-tweeting. Pasti lo bisa melupakan si Facebook, at least berkurang lah kadarnya. Nah, masalah lo nanti kecanduan twitter, bukan salah gue ye. Hahaha.

3. Anutlah paham hamster. *Eh bused! Apalagi ini?!*
Hahaha. Yang ini agak kontras sama poin nomor satu. Berdasarkan pengalaman gue mengamati hamster peliharaan, hidup mereka adalah makan-tidur-main. Nah jadilah seperti mereka! At least dalam hidup mereka, mereka tidak mengenal kata online! HAHAHA! (yaaah menurut L?)

4. Cari gebetan, pacar sekalian.
Selain sebagai pengalih perhatian lo dari Facebook, ini berguna banget loh. Demi gebetan atau pacar, lo bakal selalu pingin terlihat prima. Akibatnya, lo bakal rajin merawat diri, rajin mandi, lulur, maskeran, nyalon, nge-gym, dan lain sebagainya. Facebook? Gak ada waktu laaah! Asal jangan lo berdua pacaran lewat Facebook ya. Sama aja itu mah.

5. Jual komputer, laptop, atau netbook lo.
Udah jelas banget. Kalo gak ada komputer, Facebook-an pake apa deh? Oh iya kan ada BB (Blackberry), BBB (Bukan BlackBerry tapi mirip), sama opera mini. Oke baiklah....

6. Jual dan (atau) gak usah beli BB, BBB, atau HP yang kompatibel.
Nah. Ini ampuh untuk menghindari kegiatan Facebook-an lo. Pakelah ponsel yang biasa aja, yang gak bisa online, yang layarnya hitam putih dan kadang masih kresek-kresek, yang antenanya dalem. *ini ponsel apa tv deh?*

7. Beternak hamster.
Ini serius. Kisah nyata. Inspirasi langsung dari nyokap gue. Sekarang di rumah gue ada 16 ekor hamster (bukan cuma ekornya. ini majas, saudara-saudara), dan masih mau nambah lagi! (gue jadi curcol deh) Akibatnya nyokap gue sibuk ngurus hamster dan gak main Facebook (selain karena internet disabotase gue dan adek gue sih). Jadi, gak mau kecanduan Facebook? Pelihara hamster! Atau yang ribet sekalian (macem buaya)

8. Browsing bahaya Facebook.
Eit jangan salah. Facebook bisa sangat berbahaya loh. Misalnya kalo main Facebook di tengah jalan tol atau main Facebook sampe lupa makan minum 7 hari 7 malem! Cari lebih banyak, sharing lebih banyak, dan ketahui lebih banyak bahaya Facebook ya..

9. Baca buku.
Daripada Facebook-an, lebih baik baca buku ciiin. (Gila, kali ini saran gue bener) Banyak baca buku, banyak tahu. Tapi jangan baca panduan ber-Facebook yang baik ya. Yang ada malah tambah pingin main Facebook. Percuma deh.

10. Banyak baca blog gue, walaupun jarang update ;p
Daripada main Facebook, bacalah blog gue yang kadang-kadang gak ada isinya. Hahahaha *sekalian promosi*

Semoga berguna ya. Karena kalo kata Spice Girls : "Too much of something is bad enough"
Yuk mare..

No comments:

Post a Comment

Have any comment? Come on, I know you do! ;)