May 20, 2013

What I learn from (my) cat(s).


I used to hate cats. Bagi gw, kucing itu adalah bentuk nyata "binatang jalang dari kumpulannya terbuang". Kucing itu belagu, sombong, dan egois. Mereka bakal sok manja sama yang kasih mereka makan, dan lupa kalo udah kenyang. Lagian, kapan sih kucing bisa kenyang? Kenyang gak kenyang, sukanya gangguin orang makan. Kalo gak dikasih, nyolong. Well, I used to hate cats like A LOT.

Sampai suatu ketika, ada kucing jalanan "numpang" melahirkan di rumah gw. Anaknya 3 ekor. No matter how I hated cats, I couldn't hate kittens. Or any fluffy little animals. I mean, they're just kids. Jadi sebenernya agak-agak kepaksa juga ikut ngejaga si bayi-bayi kucing, giving them (including the mother kitty) shelter and foods. Dan memperhatikan gimana si ibu kucing ngerawat bayi-bayinya, plus gimana kucing-kucing kecil itu tumbuh berkembang, cukup membuat kebencian gw ke kucing lambat laun memudar. Apalagi ketika sampai di suatu titik, si ibu kucing pergi entah ke mana padahal anak-anaknya masih cukup piyik. Akhirnya gw (dan orang-orang rumah) yang ngerawat kucing-kucing itu.

Ngomong-ngomong, gw udah bilang kan ya kucingnya 3 ekor? I (yes, I'm the one who did this) named them Ucing, Cinguk, and Kuning. Ucing itu yang putih, Cinguk yang abu-abu hitam, dan Kuning yang kuning (too obvious tho). Yang tersisa sekarang tinggal si Ucing; si Kuning mati karena sakit dan Cinguk menyusul beberapa bulan kemudian karena suatu insiden.

Dan Ucing membuat kebencian saya ke kucing bener-bener hilang.

Pandangan saya tentang kucing mungkin ga banyak berubah ya. I mean, they're still spoiled animals for me. Sok manja sama yang kasih makan? Checked. Lupa sama gw kalo udah kenyang? Checked. Suka gangguin orang makan? Checked. Suka nyolong? Sad but true, sometimes I found Ucing main nyamber aja makanan di meja. Pfft. Well, in a way I still think they're selfish and arrogant and stuff.. but I can't hate cats anymore.

Having Ucing (and his brothers) as my pet has taught me many things. Dulu gw sempet mengklaim diri gw sebagai penyayang binatang (yang membenci kucing. LOL). But now I know what it means by "loving animals" and it's because of Ucing. I always know that animals are living creatures, but because of Ucing, I REALLY REALLY know that animals (and cats) are living creatures. I know lots of people say that "they're just animals, rely on instinct etc etc" and I know this is debatable and I have no scientific proof, but I do think animals are just like us. They can feel happy, sorrow, pain,.. just like us. And they can know how to "love". Kalo dibandingin sama anjing, mungkin kucing keliatan amat sangat tidak setia. Atau seperti gak peduli sama tuannya. Sekarang gw berpikir bahwa mereka punya cara sendiri untuk "menyayangi".

Dari Ucing, gw belajar untuk bener-bener take care of my pets. Dulu gw sempet melihara hamster, tapi kayaknya "ikatannya" gak sekuat ini. Semacam cuman kasih makan, minum, liat mereka main-main di kandang... lalu mereka mati tua. Just that. Dari Ucing, gw belajar untuk gak sekedar kasih makan, minum, sama tempat tinggal, tapi juga "mencoba ngerti" (mencoba, karena pastinya susah ya) apa yang dia mau. Dulu gw pikir ngeong-ngeong tak henti itu tandanya laper. Tapi sekarang gw tau, kadang dia cuma pingin dimanja: naik ke pangkuan gw trus tidur. True story.

Dari Ucing juga sih gw bisa ngerasain yang namanya kesel sama hewan. Kesel bukan benci. Kesel yang bikin pingin marah-marah tapi tetep sayang. Kesel kalo dia rese, berisik, ganggu-ganggu (terutama pas gw lagi makan), but still can't help to keep caring, nyisihin makanan yang lagi dimakan, atau akhirnya ngebiarin dia naik ke pangkuan gw dan tidur di situ.

I realize many people hate cats, and I feel them because I was one of them. Tapi emang untuk kasus kucing ini sepertinya "tak kenal maka tak sayang". Unless they experience it themselves, they won't know how lovely cats are. Nuff said.

2 comments:

  1. saya masih suka sama kucing.. tapi gak suka banget.. hehehe salam kucing, Sekar !Tulisanmu Cantik

    ReplyDelete

Have any comment? Come on, I know you do! ;)